soegeing rawoeh

14.2.11

Makalah opensolaris

Sistem operasi jaringan (Inggris: network operating system) adalah sebuah jenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani jaringan. Umumnya, sistem operasi ini terdiri atas banyak layanan atau service yang ditujukan untuk melayani pengguna, seperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS Service, HTTP Service, dan lain sebagainya

OpenSolaris adalah sistem operasi berbasis open source yang dikeluarkan oleh perusahaan Sun Microsystem dengan lisensi CDDL (klo linux lisensinya GPL). OpenSolaris adalah versi open source nya dari sistem operasi Sun Solaris. OpenSolaris ini bersifat gratis seperti layaknya open source yang lain seperti Linx, FreeBSD dan open source yang lainnya.
OpenSolaris adalah sebuah Sistem Operasi yang diciptakan oleh komunitas OpenSolaris dan didukung oleh Perusahaan ternama SUN Microsystem,inc. OpenSolaris merupakan versi open source nya dari Sistem Operasi Sun Solaris. OpenSolaris memiliki lisensi CDDL (GPL).

            Sistem Operasi OpenSolaris didesign sebagai platform bagi inovasi yang memungkinkan para pengembang untuk dapat dengan cepat mengembangkan, menguji, memecahkan masalah dan aplikasi-aplikasi jaringan.

Sejarah open solaris

Pada akhir tahun 1980-an, Sun dan AT & T mulai mengerjakan sebuah proyek bersama untuk remerge beberapa varian populer UNIX untuk menciptakan System V Release 4 (SVR4), yang menjadi dasar dari Sun sistem operasi baru.
            Pada tahun 2005, Solaris menjadi Sistem Operasi pertama yang mau merilis versi Opensource, yang disebut OpenSolaris, dan merupakan varian dari (SVR4), Karna Opensolaris menggunakan packaging dari (SVR4). Opensolaris juga merupakan pengembangan dari Solaris 10 yg di Opensource-kan.            OpenSolaris yang memang merupakan turunan langsung dari Solaris tentu saja masih punya hubungan darah dengan BSD dan UNIX .

Opensolaris mirip dengan Solaris, tetapi tidak sama.

Metode atau teknik menginstal
  1. Boot dari gambar terpasang.
. Gambar OpenSolaris sudah diinstal pada server Sun Blade X6240 hard drive modul.
  1. Install dari DVD atau media CD-ROM.
. Gunakan Program OpenSolaris Instalasi pada CD atau media DVD untuk menginstal satu server secara interaktif.

Spesifikasi minimum untuk dapat menginstal open  solaris
  1. ukuran memori adalah antara 4 GB dan 64 GB.
  2. RAM 256






Konsep open solaris
1.      Free redistribution : setiap orang bisa membeli atau memberikan secara bebas software tersebut oleh dirinya sendiri atau sebagai bagian dari kumpulan distributor
2.      Source Code : sumber / source harus tersedia untuk semua distribusi
3.      Derived Works : setiap orang bisa mengubah kode dan mendistribusikan kembali
4.      No Discrimination : kode harus disediakan untuk seseorang untuk dikembangkan


Kekurangan dan kelebihan system operasi open solaris.

Kelebihan
1.      ZFS
Mirip seperti feature Restore di sistem operasi Windows, tetapi lebih bagus dan mudah dalam pemakaiannya.
2.      DTrace
Dapat mengamati dimana aplikasi banyak menggunakan waktunya dan berapa lama. Sebagai piranti pengetes, DTrace digunakan untuk mengetahui apakah sebuah fungsi dipanggil dan dimana.
3.      Manajemen Kegagalan
Memungkinkan sistem secara aktif mencegah, mendiagnosa, dan memulihkan dari kegagalan
4.      Zona (Zones)
Mengimplementasikan sebuah abstraksi sistem operasi yang memungkinkan beberapa aplikasi berjalan secara terisolasi satu dengan lainya di perangkat keras fisik yang sama.
5.      Multimedia dengan Codeina dan Elisa
Codeina adalah utilitas untuk memungkinkan pengguna untuk menginstal plugin tambahan media. GStreamer berbasis aplikasi media akan autodeteksi saat pengguna mencoba untuk memutar file media yang terdapat dari plugin tersedia secara on-line Fluendo , dan akan ada beberapa langkah di dalam proses men-download dan menginstal plugin.
Kekurangan
1.Pada waktu penginstalan memakan waktu yang 
   sangat lama, sekitar 43 menit.
2.Hardware komputer yang beragam dapat
   mempengaruhi kesuksesan penginstalan OS ini
3.Lama jika digunakan untuk mendownload
   (Bukan dikarenakan hardware tetapi lebih
   kepada Systemnya)






Langkah langkah instalasi open solaris
  1. Power sistem dan masukkan CD instalasi pertama atau DVD ke dalam baki drive.
  2. Restart sistem.
  3. Jika sistem tampaknya booting dari hard disk dan installer Solaris OS tidak dimulai, siklus daya sistem (siklus daya mematikan daya pada sistem dan kemudian restart system, . Biasanya, sistem akan menampilkan pesan yang menunjukkan tombol yang menekan (seperti "Masukkan F2 untuk masuk setup", meskipun kunci untuk menekan bervariasi oleh produsen, ESC dan tombol F12 pilihan umum lainnya.) Jika Anda melewatkan pesan tersebut, cukup restart sistem beberapa kali sampai anda dapat melihatnya.
  4. Setelah dalam mode setup, tentukan perangkat boot untuk sistem.first boot harus dari CD atau DVD untuk memulai proses instalasi.
http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_01.gif
  1. Langkah berikutnya dalam proses instalasi adalah memilih jenis konsol untuk               perangkat keras yang OS Solaris sedang diinstal, Gunakan tombol panah untuk memilih versi OS Solaris yang cocok dengan konfigurasi hardware. Tekan tombol ENTER dan boot versi sistem operasi yang dipilih
http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_02.gif




6. Setelah tombol ENTER ditekan atau counter kali keluar, serangkaian titik-titik akan berjalan pada layar dan Anda akan melihat pesan konfigurasi dasar perangkat bersama dengan menu dengan enam pilihan instalasi.
http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_03.gif
7.Sebelum ini kali counter baru keluar, pilih opsi 3 untuk menginstal Solaris 10 09/05 dari awal menggunakan Solaris ZFS sebagai sistem file root
http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_04.gif
. Catatan: Jika Anda tidak ingin menggunakan ZFS sebagai filesystem root anda, anda dapat menggunakan opsi. Setelah opsi 3 dipilih, Anda akan melihat layar berikut dengan beberapa informasi tentang hardware anda,






8. : Perlu diketahui bahwa informasi hardware ditampilkan (seperti "nge0") mungkin berbeda dari data yang tepat ditampilkan di bawah dan bahwa setiap langkah dapat berlangsung hingga beberapa menit untuk menyelesaikan
http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_05.gif

9. Setelah beberapa detik, anda dihadapkan dengan konfigurasi layout keyboard jika anda tidak memiliki keyboard standar atau jika Anda memiliki keyboard lokal. Jika Anda memiliki keyboard AS, tekan [F2] kunci; jika tidak, pilih bahasa yang benar menggunakan tombol panah untuk bergerak ke atas atau ke bawah, membuat pilihan Anda dengan [spasi] dan kemudian tekan [F2] untuk melanjutkan.
http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_06.gif


10. Segera, Anda akan melihat pesan berikut. Tekan ENTER untuk melanjutkan.


http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_07.gif

. Catatan: layar grafis membutuhkan mouse yang akan diperpanjang jendela untuk menjawab pertanyaan yang diajukan selama proses konfigurasi.
11. Setelah Anda tekan ENTER, proses konfigurasi sistem akan mulai melalui serangkaian jendela. Silakan roll mouse di atas jendela, klik mouse, kemudian tekan ENTER untuk melanjutkan
http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_08.gif
12.    Pilih bahasa untuk sistem.
http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_09.gif
13.    Sebuah jendela baru, Solaris Install Console, muncul di sudut kanan bawah, Jendela ini digunakan untuk menampilkan pesan instalasi yang bersangkutan. . window lain muncul di mana instalasi Solaris pertanyaan harus dijawab. Press [F2] to continue. Tekan [F2] untuk melanjutkan.

http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_10.gif


14.    Proses identifikasi sistem dimulai. Press [F2] to continue:. Tekan [F2] untuk melanjutkan.
 http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_11.gif
15.    Jendela Jaringan Konektivitas muncul Gunakan jawaban default, (kecuali jika Anda tidak memiliki jaringan) dan tekan [F2] untuk melanjutkan
http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_12.gif
16.    Pemilihan DHCP muncul Untuk sebagian besar kasus, cukup pilih DHCP untuk konfigurasi jaringan anda dengan menggunakan tombol panah dan bar ruang untuk membuat pilihan dan kemudian tekan [F2] untuk melanjutkan
http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_13.gif
17.    Jendela IPv6 muncul. Just use the default and press [F2] to continue. Cukup gunakan default dan tekan [F2] untuk melanjutkan.
http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_14.gif
18. Jika Anda setuju dengan pilihan Anda, tekan [F2] untuk melanjutkan, jika tidak, tekan [F4] dan proses akan kembali ke langkah sebelumnya.
 http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_15.gif
19. Kebijakan Keamanan Jendela muncul, Gunakan default untuk Tidak konfigurasi Kerberos, kemudian tekan [F2] untuk melanjutkan.

http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_16.gif
20. Untuk konfirmasi pilihan kebijakan Anda, tekan [F2] dan melanjutkan ke layar berikutnya.
http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_17.gif
  1. Pilih NONE menggunakan tombol panah dan menekan space bar untuk memilih, kemudian tekan [F2] untuk melanjutkan.


http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_18.gif
  1. Untuk konfirmasi pilihan Anda, tekan [F2] dan melanjutkan ke layar berikutnya.


http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_19.gif
23. Jendela domain NFSv4 namanya muncul, Biarkan sistem menggunakan pilihan default dan tekan [F2] untuk melanjutkan.


http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_20.gif
  1. Untuk konfirmasi pilihan Anda, tekan [F2] untuk melanjutkan ke layar berikutnya.


http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_21.gif
  1. Jendela Time Zone muncul Selanjutnya, menetapkan zona waktu untuk sistem. Contoh ini mengatur zona waktu Amerika Gunakan tombol panah dan bar ruang untuk membuat pilihan, kemudian tekan [F2] untuk melanjutkan.

    http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_22.gif
  2. Zona Waktu Cont'd Mengatur Amerika Serikat Negara & Daerah,. Kemudian tekan [F2] untuk melanjutkan.

    http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_23.gif
  3. Zona Waktu Cont'd Mengatur Waktu Pasifik,. Kemudian tekan [F2] untuk melanjutkan.


http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_24.gif
28. Mengatur tanggal dan waktu saat ini Gunakan tombol panah dan keyboard untuk mengubah tanggal dan waktu yang diajukan, kemudian tekan [F2] untuk melanjutkan.


http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_25.gif

29. . Untuk mengkonfirmasi pilihan Anda, tekan [F2] untuk melanjutkan.


http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_26.gif
30. Jendela Root Password muncul. Mengatur password root Perhatikan password diketik tetap terlihat. Masukkan kembali sandi pada kotak kedua dan tekan [F2] untuk melanjutkan.

http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_27.gif
31. Jaringan Layanan jendela muncul. Click [F2] to continue. Klik [F2] untuk melanjutkan.


http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_28.gif
32. Remote Layanan jendela muncul. jendela ini, Anda dapat memilih "Secure secara default" instalasi Solaris, tapi setelah itu pelayanan individu harus diaktifkan. Jika Anda tidak yakin jenis Anda instalasi, ikuti default "Ya" untuk mengaktifkan semua layanan remote dan tekan [F2] untuk melanjutkan.


http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_29.gif
33. Jendela Install Kemajuan muncul Tunggu beberapa menit sementara Solaris menginstall pada sistem anda. Setelah instalasi selesai, sistem akan reboot secara otomatis dan akan memulai Solaris OS. Ingatlah bahwa dalam beberapa kasus, Anda harus mengeluarkan media secara manual.

http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_30.gif
34. Eject CD / DVD jendela muncul. Gunakan default. Tekan [F2] untuk melanjutkan; sistem akan secara otomatis mengeluarkan media setelah instalasi.
 http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_31.gif


35. . The Reboot Setelah jendela Instalasi muncul. Use the default, press [F2] to continue. Gunakan default, tekan [F2] untuk melanjutkan.
http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_32.gif
36. Jendela Konfirmasi muncul, tekan [F2] untuk melanjutkan alam beberapa kasus, sistem tidak akan dapat mengeluarkan media setelah instalasi. Pastikan untuk mengeluarkan secara manual untuk menghindari memulai proses instalasi lagi, jika setelah instalasi sistem Anda tidak mengeluarkan media dan proses instalasi dimulai lagi, Anda hanya dapat me-reboot sistem anda. . Selama proses boot, mengeluarkan media dan sistem akan boot dari hard disk menggunakan Solaris baru diinstal 10 gambar.
http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_33.gif
37. . Jendela Lisensi muncul. Silakan baca Solaris License Agreement, dan jika anda setuju, tekan [F2] untuk melanjutkan.


http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_34.gif
38. . Geographic Kawasan jendela muncul Untuk menambahkan dukungan untuk daerah lain, memilih wilayah yang diinginkan, jika tidak, tekan [F2] untuk melanjutkan.


http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_35.gif
39. . Jendela Sistem Lokal muncul. Press [F2] to continue. Tekan [F2] untuk melanjutkan.


http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_36.gif
 40. . Seleksi jendela Produk Tambahan muncul. Press [F2] to continue. Tekan [F2] untuk melanjutkan.


http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_37.gif
41. . Root File System muncul jendela pilihan. Select ZFS and press [F2] to continue. Pilih ZFS dan tekan [F2] untuk melanjutkan.


http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_38.gif
  1. Jendela Perangkat Lunak Seleksi muncul. Use the default and press [F2] to continue. Gunakan default dan tekan [F2] untuk melanjutkan.


http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_39.gif
43. . Jendela Disk Seleksi muncul. Use the default and press [F2] to continue. Gunakan default dan tekan [F2] untuk melanjutkan.


http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_40.gif
 44. Jendela ZFS Konfigurasi muncul. Use the default and press [F2] to continue. Gunakan default dan tekan [F2] untuk melanjutkan.


http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_41.gif
45. Remote Mounts jendela muncul. Use the default and press [F2] to continue. Gunakan default dan tekan [F2] untuk melanjutkan.


http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_42.gif
46. Jendela Profil akan muncul Pada jendela ini, Anda dapat melihat penjelasan teknis tentang bagaimana Solaris akan diinstal pada sistem anda. Press [F2] to continue. Tekan [F2] untuk melanjutkan.

http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_43.gif

 47. Jendela Install Kemajuan muncul. Tunggu beberapa menit sementara Solaris menginstall pada sistem anda. Setelah instalasi selesai, sistem akan reboot secara otomatis dan akan memulai Solaris OS. Remember that in some cases, you will have to eject the media manually. Ingatlah bahwa dalam beberapa kasus, Anda harus mengeluarkan media secara manual.


http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_44.gif
 48. Sekarang Anda telah berhasil menginstal Solaris 10 09/05 di sistem anda.. Login menggunakan user root dan password yang Anda tetapkan.


http://www.sun.com/software/solaris/howtoguides/images/installSolaris_45.gif


















































Tidak ada komentar:

Posting Komentar